LPM Skolastik – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto sukses menggelar kegiatan Refleksi Hari Santri Nasional di Aula K. H. Abdul Wahid Hasyim pada Rabu, 22 Oktober 2025. Acara yang dimulai pukul 09.30 WIB ini dihadiri perwakilan dari berbagai organisasi kemahasiswaan di lingkungan FTIK.
Foto: LPM Skolastik
Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UIN, dilanjutkan sambutan dari Dekan FTIK. Dalam sambutannya, Dekan FTIK menegaskan pentingnya momen refleksi ini untuk menjaga eksistensi pesantren di tengah arus modernisasi.
“Refleksi Hari Santri menjadi wadah untuk menjaga eksistensi pesantren, apalagi dengan fakultas kita yang berbasis pendidikan Islam,” ujar Prof. Dr. H. Fauzi, M.Ag., Dekan FTIK UIN Saizu.
Acara inti diisi oleh Prof. Dr. K. H. Mohammad Roqib, M.Ag., Direktur Pascasarjana UIN Saizu sekaligus pengasuh Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto. Dalam materinya yang bertajuk “Pesantren dan Tantangan Global”, Prof. Roqib menyoroti pentingnya pesantren beradaptasi di era digital tanpa kehilangan jati dirinya.
“Era digital menghadirkan kebebasan informasi yang masif, tapi juga ancaman terhadap otoritas keilmuan dan moralitas. Karena itu, pesantren harus meneguhkan nilai teologis dan akhlak mulia dengan menjadikan Nabi sebagai figur pendidikan profetik,” tegas Prof. Roqib.
Beliau juga menekankan bahwa di tengah budaya materialisme dan individualisme global, pesantren memiliki peran penting dalam membangun peradaban yang berlandaskan nilai spiritual dan kemanusiaan.
“Pesantren harus melahirkan kader yang berkomitmen, berilmu, dan berakhlak, yang siap berperan di semua lini kehidupan,” tambahnya.
Sesi pematerian berlangsung interaktif, diwarnai dengan antusiasme peserta yang aktif bertanya seputar peran pesantren dalam menghadapi tantangan digital dan isu moralitas global. Acara ditutup dengan sesi foto bersama seluruh peserta dan panitia sebagai simbol kebersamaan dalam semangat Hari Santri.
Reporter: Shafa Nur Syahrani Putri
Editor: LPM Skolastik